Penerapan Nilai Moderasi Beragama Dilakukan Mahasiswa KKN IK IAIN KUDUS Dengan Membaca Dziba’ Dan Maulidur Rosul

Penerapan Nilai Moderasi Beragama Dilakukan Mahasiswa KKN IK Kec Tambakromo Dengan Membaca Dziba’ Dan Maulidur Rosul Di Masjid At-Taqwa Desa Larangan

IAIN Kudus pada bulan ini mengadakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Terintegrasi Kompetensi di 4 Kabupaten, yaitu Pati, Kudus, Demak dan Jepara. Salah satu daerah Kabupaten Pati yang menjadi sasaran adalah Kecamatan Tambakromo. Di wilayah Pati Selatan ini ada 18 desa yang mana memiliki banyak potensi yang dapat dikembangkan. Mahasiswa IAIN Kudus pada tahun ini melakukan kegiatan KKN IK di desanya masing-masing dengan mengangkat tema “ Pemberdayaan Potensi Desa Berbasis Moderasi Beragama”.
Oleh karena itu , mahasiswa KKN IK IAIN KUDUS bersama anak-anak yang ada disekitar masjid menghidupkan sholawat agar memperoleh syafaat Nabi pada hari kiamat kelak. Kegiatan ini dilakukan setiap malam jumat setelah sholat berjamaah dimasjid sampai sebelum waktu isya.

Anak-anak disekitar masjid At-Taqwa Desa Larangan sangat antusias untuk mengikuti kegiatan membaca dziba’ dan maulidur rosul. Mahasiswa KKN IK IAIN Kudus juga mengajarkan kepada anak-anak bahwa pembacaan dziba ini sudah menjadi tradisi di Indonesia, kususnya dikalangan warga Nahdlatu Ulama. Nahdlatul Ulama dianggap sebagai organisasi pelestari tradisi ini. Mereka percaya bahwa dengan maulidur rosul pada saat perayaan maulid Nabi akan memperoleh syafaat Nabi di hari kiamat nanti.

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan